Selasa, 23 Maret 2010

TEORI KEPRIBADIAN MENURUT H.J EYSENCK

Biografi singkat H. J. Eysenck
H. J. Eysenck adalah seorang psikolog Inggris yang lahir di Jerman pada tahun 4 Maret 1916. Dalam perjalanan nya mencari ilmu ia telah menyelesaikan beberapa jenjang pendidikan antara lain : ,University College of Exeter, Inggris, sastra dan sejarah (musim panas, 1933), Universitas Dijon, Perancis, sastra dan sejarah (beberapa bulan sebelum masuk London University), Universitas London, B.A. dalam psikologi dengan penghargaan kelas (1935-1938), London University, Ph.D. psikologi (di bawah Burt) (1940).
Selanjutnya H. J. Eysenck dalam mengembangkan keilmuannya ia banyak berkecipung dalam dunia pendidikan dan juga banyak terlibat dalam berbagai penelitian antara lain : Penelitian psikolog, Mill Hill Darurat Rumah Sakit, London (1942-1946) , Peneliti senior psikolog, Maudsley Hospital, London (1946-1950), Pendiri, Departemen Psikologi, University of London Institute of Psychiatry (1946); Departemen Chair (1950-1955); Profesor (1955-1983); Profesor Emeritus (1983-1997), Pendiri, Journal of Personality and Individual Differences (1980)
Beberapa penghargaan yang pernah diperoleh H. J. Eysenck antara lain; American Psychological Association (APA) Award untuk Distinguished Kontribusi Science (1988); APA Citation untuk Posisi Presiden Kontribusi Psikologi (1994); American Psychological Society William James Fellow Award (1994); APA Division of Clinical Psychology Centennial Award for Lifelong Kontribusi Psikologi Klinis (1996).
Setelah melihat perjalanan Eysenck dalam hal pendidikannya akan sulit untuk meramalkan bahwa Eysenck Hans pada akhirnya akan menjadi salah satu tokoh dunia yang paling produktif dan sering dikutip psikolog. Dia pertama kali tertarik pada kajian sastra dan sejarah, dan kemudian masuk ke program psikologi di perguruan tinggi hanyalah konsesi untuk mereka yang berwenang; ia ingin menyatakan jurusan fisika, tetapi ia tidak memenuhi persyaratan untuk masuk yang ditetapkan oleh University of London. Walaupun pada awalnya ia kecewa dengan mata kuliah psikologi, tetapi kemudian dia dengan cepat belajar untuk menikmati kajian psikologi. Dalam tenggang waktu selama 60 tahun, Eysenck menerbitkan lusinan buku dan lebih dari 1000 artikel jurnal. Keingintahuan intelektual tentang fenomena psikologis adalah luas. Publikasi-Nya yang menakjubkan menutupi berbagai topik, dari kepribadian dan kecerdasan teori untuk homoseksualitas, fenomena paranormal, dan penyebab penyakit yang berhubungan dengan merokok. Luasnya minat ini adalah cocok dengan kedalaman yang tidak biasa atas kontribusinya; mungkin tidak ada ilmuwan lain telah memberikan sumbangan yang sangat substansial untuk begitu banyak bidang psikologi (McLaughlin, 2000).
Pengertian Kepribadian Menurut H.J Eysenck

Menurut H.J Eysenck kepribadian adalah personality is the sum total of actual or potensial behavior patterns of the organism as determineed by heredity and environment ; it organites and develops throught the fungctional interaction of the four mainseltors into wich these behavior patterns are organized ; thecignitive sector (intelegence) , the conative sector (character)the affective sector (temperament) and somative sector (constitution). Yaitu bahwa kepribadian merupakan jumlah total dari aktual atau potensial organisme yang ditentukan oleh hereditas dan lingkungan; ini berawal dan berkembang melalui interaksi fungsional dari sektor utama dalam pola perilaku yang diorganisasikan : sektor kognitif (intelejen), sektor konatif (karakter), sektor afektif (temperamen), dan sektor somatis (konstitusi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepribadian adalah sesuatu yang timbul dari efektivitas sebagai total pola-pola perilaku aktual atau potensial dari individu yang mendatangkan stimulus dari orang sekitarnya, dan sulit untuk dipahami, yang dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal dari individu dimana kedua faktor tesebut juga saling mengadakan interaksi .
Hal yang sentral dalam pandangan H.J Eysenck mengenai tingkah laku adalah pengertian sifat dan type. H.J Eysenck memberikan definisi sifat dengan observed constalation of individual action tendencies yaitu suatu keajegan yang nampak diantara kebiasaan-kebiasaan dalam tindakan-tindakan yang diulangi oleh seseorang. Sedangkan type adalah bagian dari observed constalation of sidromeof traits jadi type lebih luas dari pada sifat .
Struktur Kepribadian Menurut H. J. Eysenck
Eysenck berpendapat mengenai struktur kepribadian, bahwa kepribadian tersusun atas tindakan-tindakan, disposisi – disposisi yang terorganisasi dalam susunan hierarkis berdasarkan atas keumuman dan kepentingannya. Diurut dari yang paling tinggi dan paling mencakup ke paling rendah dan paling umum, serta isinya masing-masing adalah sebagai berikut :
a. type  yaitu organisasi di dalam individu yang lebih umum, yang lebih mencakup lagi
b. trait yaitu sementara habitual response yang paling berhubungan satu sama lain yang cenderung ada pada individu tertentu
c. habitual response mampunyai corak yang lebih umum daripada spesific response, yaitu respon-respon yang berulang-ulang terjadi jika individu menghadapi kondisi atau situasi yang sejenis
d. spesific response tindakan atau respon yang terjadi pada suatu keadaan atau kejadian tertentu, jadi khusus sekali
Keempat macam deskripsi mengenai kepribadian ini bersangkutan dengan keempat macam faktor dalam analisa faktor yaitu ;
o Type bersangkutan dengan general faktor
o Traits bersangkutan dengan group faktor
o Habitutat response bersangkutan dengan special faktor
o Spesific respons bersangkutan dengan error faktors
Demikian juga dengan bidang kognaif/ intelektual terdapat organisasi yang herargis semacam itu yaitu; Ideology, Attitude, Habitutal opinion, Specific opinion.

Dengan uraian yang panjang lebar diatas maka seluruh teori dari H.J Eysenck dapat diringkas sebagai berikut :

Faktor Dimensi Kepribadian Dimensi kognitif Dimensi Affektif Dimensi Konatif
General type Intelegensi/ideologi Intraversion/extraversion Neorotisism
Common trait attitude ............. ...........
Special Habbitutal response Habitutal opinion ............... ................
Error Specific response Specific opinion ............. ......................
Tabel .1. diambil dari buku Psikologi Kepribadian,
oleh Agus Sujanto dkk, (Jakarta : PTBumi Aksara ,2004). hal. 115

Daftar Pustaka :

Sujanto, Agus dkk,Psikologi Kepribadian, (Jakarta : PTBumi Aksara ,2004).
http://www.indiana.edu/~intell/eysenck.shtml

http://tahsinul.wordpress.com/kepribadian/


Nama : M.Rosidin Nawawi
Program : Akta IV UMY

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar